Pelaksanaan PKKMB “MAVERICK” 2024: Merangkai Cerita dan Menghidupkan Budaya

Surabaya, 24 Agustus 2024 – Prodi Pariwisata telah sukses menyelenggarakan Program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) angkatan 2024 melalui acara bertajuk Student Day “MAVERICK” 2024. Acara yang berlangsung selama tiga hari dari Kamis 22 Agustus hingga Sabtu 24 Agustus, menjadi momen penting bagi mahasiswa baru untuk mengenal kehidupan kampus dan mempersiapkan diri sebagai bagian dari keluarga besar Prodi Pariwisata Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

Mengusung tema besar “Journey Through Stories” atau “Perjalanan Melalui Cerita,” acara ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa baru pada berbagai aspek kehidupan kampus serta membantu mereka mengembangkan sikap dan spiritualitas yang diperlukan dalam menjalani peran sebagai mahasiswa.

Pada hari pertama, Kamis (22/8), acara dimulai dengan pembukaan resmi oleh Ketua Program Studi (Kaprodi) Pariwisata. Dalam sambutannya, Kaprodi menekankan pentingnya peran mahasiswa dalam menjaga nama baik dan budaya akademis kampus. Setelah itu, para mahasiswa baru diperkenalkan dengan dosen-dosen yang akan membimbing mereka selama masa studi. Pengenalan ini diikuti dengan sesi materi tentang tata budaya dan tata krama mahasiswa di kampus, yang bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan norma akademik. Hari pertama juga diisi dengan materi seputar pariwisata, memberikan wawasan awal kepada mahasiswa baru tentang dunia yang akan mereka tekuni. Sesi Focus Group Discussion (FGD) dan games yang interaktif menjadi penutup hari pertama, memperkuat kerjasama dan kreativitas para mahasiswa baru.

Mahasiswa Baru Prodi Priwisata berkumpul di ruang Penida Noor Untuk mengikuti PKKMB

Jumat (23/8) menjadi hari yang penuh wawasan dengan kegiatan pengamalan Tri Darma Perguruan Tinggi, yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Pengenalan organisasi mahasiswa Prodi Pariwisata, seperti HIMASATA, TOURLAB, dan BLMJ, juga menjadi agenda utama hari kedua. Setiap organisasi menjelaskan peran dan kegiatannya, memberikan gambaran tentang berbagai kesempatan yang dapat diikuti oleh mahasiswa untuk mengembangkan diri.

Pengenalan Dosen Prodi Pariwisata

Sabtu (24/8) menjadi puncak acara dengan closing party bertemakan “Back to the Roots,” yang dilaksanakan di Hall Room BG Junction, Surabaya. Tema ini dipilih untuk merayakan kekayaan budaya dan keindahan alam lokal yang menjadi bagian integral dari identitas bangsa Indonesia. Mahasiswa baru diberi kesempatan untuk menampilkan kreativitas mereka melalui berbagai penampilan yang disajikan oleh tiap kelompok. Acara ini tidak hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga memperkuat rasa kebersamaan dan kebanggaan akan budaya lokal.

Dengan berakhirnya rangkaian acara Student Day “MAVERICK” 2024, diharapkan mahasiswa baru Prodi Pariwisata tidak hanya siap secara akademis, tetapi juga memiliki sikap dan spiritualitas yang kokoh untuk melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal sebagai mahasiswa.


Dokumentasi: Dea