Penyuluhan Homestay dan Pemetaan Potensi Wisata Desa Wonorejo

Program Studi Pariwisata FISIP UPN “Veteran” Jawa Timur melakukan kunjungan ke Desa Wonorejo, Kabupaten Situbondo. Kunjungan ini dilaksanakan pada tanggal 15 – 17 Maret 2022. Fokus utama kunjungan tersebut dalam rangka penindaklanjutan kerjasama terkait desa binaan. Adapun tim Program Studi Pariwisata diwakili oleh dosen dan tenaga kependidikan, di antaranya, Joko Mijiarto, Fondina Gusriza, Made Bambang Adnyana, Sheidy Yudhiasta, Leily Suci Rahmatin, Garsione Agni Andrea, Cika Ayu Safitri, dan Puguh Andhi Setiawan. Kepala Desa Wonorejo, Sumarto Adi, menyambut langsung tim dari Program Studi Pariwisata UPN “Veteran” Jawa Timur.

 

Agenda utama pada kunjungan kali ini, yakni penyuluhanan standarisasi pondok wisata (homestay) dan sosialisasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) kepada pelaku usaha penginapan/akomodasi di Desa Wonorejo. Sebagaimana diketahui bahwa Wonorejo terletak bersebelahan dengan Taman Nasional Baluran, sehingga banyak wisatawan yang datang ke Wonorejo untuk mencari penginapan sebelum ke Taman Nasional Baluran. Penginapan-penginapan yang ada di Wonorejo masih dikelola secara individu atau orang per orang. Sehingga penyuluhan yang dilaksanakan juga menyasar kepada individu pengelola penginapan.

 

Masyarakat Wonorejo menyambut positif adanya kegiatan penyuluhan ini. Para peserta berharap dengan adanya program bina desa ini, pariwisata Wonorejo tumbuh dan bangkit kembali setelah dihantam oleh pandemi COVID-19. Desa Wonorejo juga berharap kegiatan penyuluhan tidak berhenti hanya sampai sosialisasi standarisasi pondok wisata (homestay) dan CHSE, namun juga penyuluhan dengan tema yang berbeda-beda. Atas antusiasme ini, Program Studi Pariwisata berterima kasih banyak kepada warga dan pemerintah Desa Wonorejo.

2 thoughts on “Penyuluhan Homestay dan Pemetaan Potensi Wisata Desa Wonorejo”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *